Penyuluhan kesehatan merupakan salah satu cara untuk dapat menambah pengetahuan dan peningkan kempuan individua tau kelompok melalui pembelajaran. Salah satunya dengan memberikan edukasi makanan sehat untuk mencegah terjadinya penyakit degenerative salah satunya adalah penyakit diabetes mellitus. Kegiatan ini merupakah salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan ini di lakukan di RT 01 RW 02 keluarahan dukuh menanggal Surabaya di mana responden dalam pengabdian kepada masyarakat ini ada ibu – ibu PKK. Kegiatan ini merupakan memberikan penyuluhan kepada ibu – ibu PKK RT 01 RW 02 untuk
memperhatikan makanan yang dikonsumsi selama ini baik bagi ibu maupun bagi anggota keluarga. Materi yang disampaikan adalah berkaitan dengan diabetes mellitus, jenis diabetes mellitus, gejala diabetes mellitus, factor resiko diabetes mellitus, pola makan yang dipaparkan dalam bentuk bookleat dan poster.Penyakit diabetes mellitus merupakan penyakit akibat gangguan metabolic yang dapat menyebabkan beragam tanda dan gejala dengan karakteristik hierglikemia yang mengakibatkan kelainan sekresi insulin, cara kerja insulin atau keduanya.

Jenis diabetes mellitus dibedakan menjadi 3 yaitu Diabetes mellitus tipe 1, diabetes mellitus tipe 2, diabetes mellitus gestasional. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini juga mengukur kadar glukosa darah ibu ibu PKK RT 01 RW 02 Kelurahan dukuh menanggal Surabaya. Dimana dalam hasil pengukura kadar glukosa didapatkan sebanyak 94,4% memiliki kadar glukosa < 200 mg/dl, dan sebanyak 5,6%memiliki kadar glukosa > 200 mg/dl. Makanan yang sehat adalah makanan yang dapat mencegah timbulnya penyakit diabetes mellitus salah satunya tingginya bahan makanan yang dikonsumsi yang mengandung antioksidan.