Remaja adalah periode antara anak-anak dan dewasa. Masa remaja adalah fase penting dalam hidup seseorang dimana banyak perubahan yang terjadi seperti perkembangan fisik, perkembangan otak, maturase organ seksual dan perkembangan psikososial yang dapat mempengaruhi perilaku dan kesehatan seseorang. Perilaku hidup sehat adalah salah satu jenis perilaku yang bertanggung jawab terhadap kesehatan, yang mencangkup tindakan atau perilaku yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini terkait dengan pemberian edukasi terkait dengan pencegahan sindrom metabolik salah satunya adalah obesitas. Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan pemahaman dan peningkatan kemampuan siswa/siswi terkati dengan gizi seimbang dalam kejadian obesitas yang akan beresiko pada sindrom metabolik, ujar Rizki Nurmalya Kardina.

Rizki menyampaikan metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan mengumpulkan siswa/siswi di aula sekolah. Media yang digunakan dalam pemberian edukasi adalah poster, PPT, dan bookleat. Dalam meningkatkan pemahaman pengetahuan digunakan metode pre test dan post test.

Rizki menyampaikan dari hasil abdimas yaitu sebanyak 45 siswa/siswi yang menjadi responden. Dari 45 responden didapatkan 15 siswa/siswi yang mengalami obesitas sentral yang berdasarkan berat badan dan tinggi badan. Dimana berat badan dan tinggi badan didapatkan dari hasil pengukuran. Obesitas yang dialami siswa/siswi cenderung sering mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis, berlemak dan asin. Dimana makanan dan miuman tersebut di konsumsi hamper setiap hari. Berdasarkan hasil pemahaman pengetahuan terkait dengan edukasi yang diberikan mengalami peningkatan sebanyak 20 siswa/siswi mendapatkan nilai maximal yaitu 100. Dimana edukasi yang telah diberikan memberikan dampak yang baik pada siswa/siswi dalam pengetahuan.