Surabaya – Lima Mahasiswa dari Tim Pekan Kretivitas Mahasiswa (PKM) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) membuat Gantungan Pelepah Pisang (Gelis) sebagai langkah zero waste.

Lima mahasiswa ini antara lain Yolanda Lettalia Sindytiono​​, Adelina Pratiwi​​​, Sofi Azilan Aini, Arista Putri Sulistiana ​​dan Nindy Kurniati Binti Sholihah yang merupakan mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM).

Salah satu anggota PKM, Adelina Pratiwi menjelaskan Gelis merupakan salah satu gantungan untuk botol minum ramah lingkungan pendukung Zero Waste. Gantungan ini akan terlihat stylish sehingga menarik untuk digunakan anak muda.

“Berbahan dasar dari pelepah pisang membuat lebih ramah lingkungan lantaran tidak banyak sampah yang dihasilkan,” ucap Adelina, Jumat (25/9).

Adelina menjelaskan batang pisang ini jarang dimanfaatkan oleh masyarakat. Yang paling sering dimanfaatkan buah hingga daunnya saja. “Kondisi ini membuat banyaknya sampah batang pisang jadi kami mencoba untuk mengolah untuk gantungan botol,” ujarnya.

Proses pengelolahan pelepah pisang dibelah memanjang lalu mengeringkan pelepah pisang hingga kering. Jika sudah kering, pelepah pisang itu langsung diikat dengan cara kelabang. “Langsung dibentuk untuk gantungan botol yang lebih ramah lingkungan,” ungkap Adelina.

Adelina menjelaskan jika kekuatan dari Gelis ini cukup kuat dan sudah diuji coba dengan botol diisi dengan air. “Jadi lebih staylish saat digunakan berpergian,” bebernya. (sar humas)