Penyakit Akibat Kerja adalah penyakit yang disebabkan oleh pekerjaan dan/atau lingkungan kerja (Perpres No.7 Tahun 2019), atau penyakit yang dapat diderita oleh pekerja baik pekerja kantoran ataupun pekerja lapangan, yang hal tersebut dapat di sebabkan oleh peralatan kerja, material yang dipakai, proses produksi, cara kerja, hingga pola kerja. sedangkan Penyakit akibat hubungan kerja merupakan penyakit yang mempunyai beberapa penyebab masalah yang dimana beberapa faktor yang menjadi penyebabnya.

Penyakit degeneratif merupakan suatu masalah kesehatan pada tubuh yang dapat menyebabkan penurunan fungsi jaringan hingga organ. Penyakit degeneratif dapat memburuk dan dapat memengaruhi sistem organ seperti saraf otak, tulang, pembuluh darah, hingga jantung. Beberapa contoh penyakit degeneratif yaitu hipertensi, diabetes melitus, jantung koroner, hingga stroke. penyakit degeneratif dapat disebabkan salah satunya adalah kebiasaan kurang aktivitas fisik. Salah satu jenis pekerjaan yang dapat menimbulkan penyakit degenratif adalah pekerja kantoran Sebagai contoh, pekerja yang lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk bekerja di kantor berjam-jam. Meskipun terlihat nyaman, duduk dalam posisi yang sama dalam waktu lama bisa memicu datangnya sejumlah penyakit. Penyakit yang biasanya di derita oleh pekerja kantoran adalah stress.

Di dunia kerja stres merupakan salah satu gangguan Kesehatan dalam psikologis yang secara umum menyerang pekerja. Penyebab stress pun beragam, misalnya beban kerja, kompetisi antar karyawan, jadwal rapat yang padat hingga target yang tinggi. Beberapa penelitian yang di lakukan di Amerika Serikat menunjukkan, lebih dari 50 persen responden menyatakan stress membuat tubuh rentan terserang penyakit. Biasanya, stres dapat menyebabkan kondisi tubuh menjadi semakin menurun, sehingga dapat menyebabkan sakit kepala, susah berkonsentrasi, dan sakit perut. Terlalu lama menatap layar komputer juga dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti sakit kepala hingga mata terasa kering, terasa “pedas” dan berair. Penyakit degeneratif juga dapat dimulai dari gaya hidup yang tidak sehat sehingga  menyebabkan gangguan pada organ tertentu.

Sehingga perlunya para pekerja kantoran untuk mewaspadai terserang penyakit degenaratif ini. Pertama, perbaiki gaya hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan kurang istirahat, minum air kurang dari 2 liter sehari, mengonsumsi makanan cepat saji, kurang berolahraga, hingga merokok. Kedua yaitu dengan menciptakan lingkungan kerja dan tempat tinggal yang bersih yang dapat membuat sistem pertahanan tubuh tidak mudah terserang penyakit. Karena Ketika, menjalani gaya hidup yang sehat dan bersih akan membuat kondisi tubuh akan jauh lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Kemudian di masa peralihan dari pandemic ini di perlukan pula menjaga protokol Kesehatan selama bekerja di ruang tertutup seperti di dalam kantor.