Surabaya – Tim pengabdian masyarakat Prodi S1 Gizi UNUSA melakukan skrining gizi dengan menghitung indeks massa tubuh, senam aerobik bersama, Serta memberikan edukasi gizi seimbang dan obesitas pada remaja dan warga sekitar RT 01 RW 02 Kelurahan Dukuh Menanggal Kecamatan Gayungan Kota Surabaya pada tanggal 14 Agustus 2022.

                Dalam kegiatan tersebut, tim yang beranggotakan 3 dosen dari Prodi S1 Gizi yaitu Kartika Yuliani, S.Gz., M.P.H., Rizki Nurmalya Kardina, S.Gz., M.Kes dan Farah Nuriannisa, S.Gz., M.P.H serta 1 dosen dari Prodi S1 Kedokteran yaitu dr. Dewi Masithah, M.Kes mengajak remaja dan warga RT 01 RW 02 Kelurahan Dukuh Menanggal untuk aktif berolahraga melalui senam aerobik bersama serta edukasi gizi dan obesitas untuk mencegah terjadinya obesitas. Selain itu, kegiatan tersebut juga melakukan skrining gizi pada remaja dan warga sekitar RT 01 RW 02 Kelurahan Dukuh Menanggal.  Hasil skrining menunjukkan bahwa 11 dari 18 peserta yang diukur menunjukkan kategori overweight dan obesitas sehingga kegiatan edukasi tentang obesitas dilakukan juga dilakukan pada sasaran.

                Ketua tim pengabdian masyarakat, Kartika Yuliani, S.Gz., M.P.H., menyampaikan “Skrining status gizi di masyarakat saat ini masih jarang dilakukan, padahal ketika seseorang mengalami malnutrisi baik underweight maupun overweight dan obesitas dapat menimbulkan masalah kesehatan jika tidak ditangani.  Hasil skrining gizi pada remaja dan warga sekitar RT 01 RW 02 Kelurahan Dukuh Menanggal menunjukkan overweight dan obesitas yang cukup tinggi sehingga sebaiknya dilakukan program lanjutan untuk mengatasi masalah tersebut”.                 Kegiatan pengabdian masyarakat yang diikuti sebanyak 18 orang peserta ini berjalan dengan lancar dan seluruh peserta antusias mengikuti kegiatan.  Ketua RT 1 RW 02 Kelurahan Dukuh Menanggal menuturkan rasa terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini dan berharap adanya kegiatan lanjutan untuk membantu masyarakat mencapai derajat kesehatan yang lebih baik.