Essential Oil atau yang disebut juga dengan minyak atsiri atau voetherial oils atau etherial oils adalah produk ekstrak alami dari jenis tumbuhan yang berasal dari daun, bunga, kayu, biji-bijian bahkan putik bunga. Terdapat 150 jenis minyak atsiri yang telah diperdagangkan di pasar internasional dan 40 jenis diantaranya dapat diproduksi di Indonesia.

Peran essential oil untuk kesehatan:

  1. Lavender : lavender dianggap paling bermanfaat dari semua minyak astiri. Lavender dikenal untuk membantu meringankan nyeri, sakit kepala, insomnia, ketegangan dan stress (depresi) melawan kelelahan dan dapat untuk relaksasi, merawat agar tidak infeksi paru-paru, sinus, termasuk jamur vaginal, radang tenggorokan, asma, kista dan peradangan lain. Meningkatkan daya tahan tubuh, regenerasi sel, luka terbuka, infeksi kulit dan sangat nyaman untuk kulit bayi, dll. Lavender memiliki manfaat sebagai antibakteri, antijamur, karminatif, obat penenang, antidepresan, efektif untuk luka bakar, dan gigitan serangga.
  2. Jasmine : Pembangkit gairah cinta, baik untuk kesuburan wanita, mengobati impotensi, anti depresi, pegal linu, sakit menstruasi dan radang selaput lendir. Daun melati (Jasminum sambac L.) banyak digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati panas, batuk, luka lebam, distensi abdomen, diare, menurunkan kadar gula darah, mengatur aliran menstruasi, membantu fungsi ginjal, inflamasi, anti mikroba, antivirus dan anti insektisida.
  3. Orange : Orange berperan untuk kulit berminyak, kelenjar getah bening tak lancar, debar jantung tak teratur dan tekanan darah tinggi.
  4. Peppermint : Berperan untuk membasmi bakteri, virus dan parasit yang bersarang di pencernaan. Melancarkan penyumbatan sinus dan paru, mengaktifkan produksi minyak dikulit, menyembuhkan gatal-gatal karena kadas/kurap, herpes, kudis karena tumbuhan beracun. Minyak atsiri dalam industri digunakan sebagai antibakteri, antifungi, antiseptik, pengobatan lesi, antinyeri, dapat digunakan sangat luas dan 5 spesifik, khususnya dalam berbagai bidang industri.
  5. Rosemary : Salah satu essential oil memiliki aroma yang manjur memperlancar peredaran darah, menurunkan kolesterol, mengendorkan otot, reumatik, menghilangkan ketombe, kerontokan rambut, membantu mengatasi kulit kusam sampai di lapisan terbawah. Mencegah kulit kering, berkerut yang menampakkan urat-urat kemerahan.
  6. Kayu Putih : Minyak essential kayu putih memiliki komponen aktif yang memiliki  peran aktivitas sebagai antivirus, antibakteri, antijamur, antitoksigenik dan sifat insektisida (Perricone dkk., 2015).