Ibu-ibu PKK merupakan kelompok yang perlu mendapat perhatian karena apabila mereka dibekali pengetahuan dan keterampilan yang tepat maka dapat menjadikan kelompok ini mejadi suatu kelompok yang produktif yang dapat memberikan penghasilan tambahan bagi keluarganya, disamping seorang ibu merupakan tombak utama dalam suatu keluarga. Apabila pengetahuan ibu meningkat maka dapat meningkat pula derajat kesehatan dalam suatu keluarga. Hal tersebut melatar belakangi tim dosen yang diketuai oleh Endah Budi Permana Putri, S.T.P., M.P.H melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada hari Sabtu, 9 Juli 2023 dengan judul Pemberdayaan Ibu Ibu PKK Desa Masangan Kulon Melalui Pelatihan Pembuatan Produk Halal Berbahan Dasar Susu.

Yogurt merupakan produk turunan susu segar yang telah dipasteurisasi, kemudian difermentasi dengan bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus hingga diperoleh aroma dan rasa asam yang khas juga bermanfaat bagi kesehatan. Bakteri yang hidup dalam yoghurt juga menyumbang terbentuknya enzim laktase yang diperlukan untuk mencerna laktosa dalam susu. Pada pembuatan yoghurt kali ini menggunakan bahan dasar susu kambing. Susu kambing memiliki aroma prengus khas kambing sehingga banyak orang enggan mengonsumsi susu kambing. Namun, apabila susu kambing diolah menjadi yogurt maka aroma tersebut akan tersamarkan oleh aroma asam khas yogurt.

Selain itu, kandungan gizi pada pada yogurt susu kambing lebih baik jika dibandingkan dengan yogurt susu sapi. Dimana kadar besi dan antioksidan dari yogurt susu kambing lebih tinggi dibadningkan dengan yogurt suus sapi. Adapula inovasi pada pembuatan yogurt yang dapat dilakukan yaitu dengan menambahkan sari kurma. Selain dapat memberikan rasa manis pada yogurt, yogurt yang ditambahkan dengan sari kurma mengandung kadar besi sekiar 4,4348mg/ 100ml sehingga baik dikonsumsi bagi seseorang yang mengalami anemia dimana membutuhkan asupan zat besi lebih daripada orang normal. Selain itu, kandungan bakteri baik pada yogurt dapat bermanfaat bagi pencernaan, menjaga stabilitas tekanan darah, meningkatkan imunitas dan dianjurkan pula untuk dikonsumsi pada penderita diabetes.

Pembuatan yogurt sendiri dapat dengan mudah dilakukan dengan alat yang ada di rumah dan dengan bahan yang sederhana seperti susu segar yang berupakan bahan positive list dalam kelompok produk halal, kultur bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus yang dapat diperoleh dari yogurt plain komersial yang dijual di pasaran, dan gula pasir serta perisa yang diinginkan. Guna memperoleh yogurt yang halal maka bahan pendukung lainnya baik yogurt plain, gula pasir, dan perisa menggunakan bahan yang telah tersertifikasi halal oleh BPJPH. Diharapkan dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, dapat memberikan wawasan terkait produk halal berbahan susu kambing yaitu yogurt yang kaya manfaat bagi kesehatan dan memiliki nilai ekonomis.