Prodi D-IV Analis Kesehatan melakukan program Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan di Desa Simo Angin-Angin, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo. Terdapat berbagai program yang dilaksanakan, salah satunya adalah “Program Pemanfaatan Bahan Alam Guna Mencapai Kemandirian Kesehatan” yang diikuti oleh para kader Kesehatan. Kegiatan ini menjadi salah satu langkah dari kegiatan preventif dengan melakukan serangkaian program yaitu penyuluhan terkait pemanfaatan bahan alam berdasarkan rekomendasi Al-Quran mengingat seluruh warga desa Simo Angin-Angin beragama Islam, dan diikuti dengan pelatihan bercocok tanam dengan hidroponik. Tujuan kegiatan ini adalah tentunya untuk penguatan kemandirian Kesehatan di desa Sumo Angin-Angin demi kesejahteraan bersama.

Pelaksanaan dari program ini dilakukan pada 24 Juni 2023 dengan dimulai dari tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi.  Program utama yang dilaksanakan dilakukan dengan memberikan edukasi tahap edukasi atau penyuluhan pemanfaatan bahan alam (tanaman herbal) seperti Jinten Hitam yang berperan penting bagi kesehatan hingga dilakukan pelatihan pemanfaatan bercocok tanam dengan hidroponik. Adapun jenis hidroponik yang digunakan dalam bentuk vertical hal ini ditujukan untuk menghemat lahan sehingga diharapkan dapat juga diterapkan pada rumah masing-masing warga dan menggunakan bahan sederhana yaitu bekas botol dengan system Wick dan kemudian dilanjutkan dengan melakukan hidroponik dengan memanfaatkan lahan sempit melalui hidroponik vertical

Kegiatan ternyata mampu memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat karena berdasarkan hasil evaluasi pemahaman mampu meningkatkan pengetahuan mengenai hidroponik dan menumbuhkan keinginan bercocok tanam sederhana dengan lahan sempit demi menghasilkan tanaman organic dengan menggunakan bekas botol plastik yang selanjutnya diterapkan di wilayah kelurahan tersebut.