Masalah gizi pada balita masih menjadi tantangan global khususnya di Indonesia. Kondisi ini salah satunya disebabkan oleh pola makan. Uisa Balita merupakan kelompok usia yang fase pertumbuhan dan perkembangannya cukup pesat. Pola makan yang bergizi, seimbang dan beragam sejak masa balita mempunyai dampak cukup siginifikan dalam mencapai status gizi optimal.

Desa masangan kulon adalah salah satu desa yang terletak di kabupaten sidoarjo. Masih terdapat masalah gizi balita di Desa ini yang cukup tinggi. Berdasarkan kondisi tersebut, Prodi S1 Gizi Unusa melakukan kegiatan pengabdian Masyarakat yaitu Edukasi makanan sehat, bergizi, dan seimbang untuk balita sebagai upaya meningkatkan kapasitas ibu balita dalam memberikan makanan yang beragam.

“sebelum dilakukan kegiatan pengabdian Masyarakat ini, kami melakukan koordinasi dengan pihak desa setempat terkait masalah yang ada di Desa ini dan solusi yang diharapkan dari pihak Desa. Hal ini dilakukan agar kegiatan pengabdian kepada Masyarakat memberikan manfaat jangka Panjang dan tepat sasaran” ujar pratiwi.

“Apa yang dikonsumsi oleh balita, beragam atau tidak, bergantung pada kemampuan ibu dalam menyediakan makanan. Dan hal ini sangat ditentukan oleh pemahaman ibu tentang makanan yang sehat, bergizi, seimbang dan beragam,” tambah Pratiwi. Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini disambut baik oleh warga. Kegiatan dilaksanakan pada Bulan Juli 2023. Lebih dari 50 ibu balita hadir dalam kegiatan ini. Kegiatan ini diharapkan mampu menambah pengetahuan kepada ibu balita terkait pemberian makan balita yang sehat dan beragam sehingga balita menjadi sehat dan mencapai status gizi optimal.