Surabaya – Program Studi (Prodi) S1 Kesehatan Masyarakat (Kesmas) bersama Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (HMKM) UNUSA telah melaksanakan program peningkatan jiwa entrepreneurship mahasiswa yang didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) RI. Program tersebut diwujudkan dalam bentuk kegiatan “Business Plan Competition” sebagai salah satu rangkaian agenda rutin tahunan HMKM UNUSA, yaitu Public Health Fair (PHF). Kompetisi yang diselenggarakan kali ini mengusungtema “Sustainable Entrepreneurship: Bisnis Inovatif Menuju Pencapaian SDGs 2030 dan Indonesia Emas 2045” dengan 3 (tiga) sub-tema: kesehatan umum, jasa kesehatan, dan pangan sehat. Pendaftaran dan pengumpulan proposal rencana bisnis dibuka dari tanggal 22 September sampai 3 Oktober 2023. Mahasiswa Kesmas UNUSA cukup antusias mengirimkan 17 tim, dimana pada 9 Oktober 2023 diumumkan terdapat 6 tim yang lolos ke babak final.

Pada babak final yang diselenggarakan tanggal 13 Oktober 2023 di Laboratorium Audio Visual Aids (AVA) UNUSA, 6 tim yang lolos mempresentasikan rencana bisnisnya di hadapan para juri. Proses presentasi berlangsung seru dengan berbagai macam inovasi ide bisnis yang dipaparkan oleh para finalis. Setelah sesi penjurian final, tibalah saatnya pengumuman pemenang kompetisi yang memilih 3 (tiga) tim dengan proposal terbaik untuk diberikan modal usaha. Tim yang terpilih sebagai tim dengan proposal bisnis terbaik adalah:

  1. “KIESPRE (Cookies Pare)” dengan Ketua Tim: Tarisa Mulia Saki
  2. “Ekstrak Ampas Kopi dan Jeruk Nipis untuk Mengurangi Bau Kaki Menggunakan Footspray Extrotus” dengan Ketua Tim: Bharokatul Ambiyak
  3. “Furniture Ramah Lingkungan sebagai Upaya Mengurangi Limbah Botol Plastik” dengan Ketua Tim: Meby Risma Sektiorini

Selain ketiga tim terbaik tersebut, finalis lainnya juga akan tetap mendapatkan pembinaan serta monitoring dan evaluasi berkala untuk memantau kemajuan realisasi bisnisnya.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Kemendikbudristek RI melalui Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang berhasil diraih oleh Prodi Kesmas UNUSA selama 2 (dua) tahun berturut-turut pada Tahun 2022 dan 2023 ini. Hibah PKKM ini telah banyak memberikan manfaat bagi mahasiswa kesehatan masyarakat UNUSA, termasuk dalam bentuk modal usaha untuk meningkatkan jiwa entrepreneutship mahasiswa. Semoga dengan itu, mahasiswa kami semakin terpacu untuk terus memperbaiki kapasitas dirinya sebagai generasi emas Indonesia.” Tutur Ibu Dwi Handayani, S.KM., M.Epid selaku Ketua Program Studi Kesmas UNUSA dalam sambutannya.