Jakarta, 13 Oktober 2023 menjadi momen tak terlupakan bagi Putri Dewi Kartika Sari (Mahasiswa Semester 5 Prodi Kesmas UNUSA) yang untuk pertama kalinya terbang dan menginjakkan kaki di Ibu Kota Jakarta. Tentunya bukan momen bepergian biasa, karena Putri sedang membawa nama harum UNUSA di kompetisi bisnis bergengsi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Asosiasi Lisensi Indonesia (Asensi) dalam rangkaian 3rd Indonesia Licensing Expo 2023. Agenda tersebut dilaksanakan di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta. Pengalaman yang menurut Putri sangat berharga dan berkesan selama berkuliah.

Putri memulai perjalanannya sejak akhir bulan September 2023 saat Putri ditantang oleh dosen pembimbing magangnya, yakni Bapak Budhi Setianto, S.T., M.Kes untuk mengikuti kompetisi business plan. Merasa tertantang dan ingin keluar dari zona nyaman, Putri memulai proses bimbingan untuk mematangkan rencana bisnisnya. Banyak suka duka yang telah dilalui karena Putri harus bekerja keras membagi waktu antara persiapan kompetisi dengan magang di RS. PHC. Proposal bisnis dirancang mulai dari nol dan disusun dengan perasaan yang campur aduk. Putri dengan bantuan dari Pak Budhi mengambil ide bisnis tentang Jamu Kunyit Asam Manis Instan dengan banyak variasi rasa untuk meningkatkan kecintaan Generasi Z mengonsumsi minuman sehat yang kemudian sepakat untuk diberi judul “TUCY (Turmeric Juicy)”

Pada tanggal 10 Oktober 2023, Putri diumumkan lolos ke tahap selanjutnya yaitu tahap kurasi dan mentoring. Peserta yang lolos di tahap ini diminta untuk mempresentasikan mengenai ide bisnisnya, kemudian diberi komentar dan arahan dalam memperbaiki rencana bisnisnya. Setelah itu, Putri dinyatakan lolos pula ke tahap presentasi final di Jakarta. Saat itu Putri kaget bukan kepalang karena tidak menyangka akan bisa maju sampai sejauh ini. Putri pun segera berkoordinasi dengan dosen pembimbingnya dan juga Pembina Kemahasiswaan Prodi Kesmas UNUSA, yakni Bu Atik Qurrota A, S.KM., M.Kes. Bu Atik sangat mendukung keberangkatan Putri ke Jakarta dan berupaya membantu segala keperluan untuk keberangkatan Putri. Dengan izin dan penugasan dari Ibu Kaprodi, Putri berangkat ke Jakarta dengan dibiayai oleh Dana Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Kemdikbudristek RI dalam rangka optimalisasi potensi mahasiswa berprestasi. Sampai di Jakarta pada 13 Oktober 2023, tibalah saat mendebarkan yang ditunggu-tunggu. Putri mempresentasikan rencana bisnisnya di hadapan para dewan juri dan audiens yang hadir di JIExpo Kemayoran. Putri melakukan tugasnya dengan baik. Presentasi berjalan lancar dan sukses. Keesokan harinya pada 14 Oktober 2023, momen bersejarah itu akhirnya tiba. Putri diumumkan menjadi Juara 3 dalam Business Plan Competition yang diselenggarakan Asensi. Semua lelah, suka, duka tergantikan dengan kebahagiaan dan kebanggaan atas prestasi yang diraih Putri. “Saya ucapkan terima kasih paling tulus untuk Bapak/Ibu Dosen dan Civitas Akademika Prodi Kesmas UNUSA yang memberi dukungan penuh kepada Saya. Tidak lupa juga saya berterima kasih kepada Kemdikbudristek RI yang telah memberikan dukungan pendanaan sehingga saya bisa terbang sejauh ini. Pencapaian ini tentu akan menjadi batu loncatan bagi Saya untuk terus mencetak prestasi-prestasi berikutnya.” Demikian rasa terima kasih yang diutarakan Putri. (aq).