Kerjasama antara Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) dan Universiti Putra Malaysia (UPM) telah membawa dampak yang signifikan bagi mahasiswa. Seperti yang tercermin dari pengalaman dua mahasiswa Fakultas Kesehatan yang berhasil menyelesaikan program International Credit Transfer (ICT) di UPM selama 1 semester penuh pada Tahun 2023 lalu. UNUSA mengadopsi program ICT dari Kemendikbud-Ristek merupakan salah satu upaya dalam melaksanakan IKU 2 yakni memberikan kesempatan mahasiswa untuk berkegiatan di luar kampus seperti pertukaran pelajar untuk merasakan lingkungan akademik di Universitas Luar Negeri. 

Shofi Futri (Kanan) mahasiswa semester 5 program studi kesehatan masyarakat dan Virda Ayu (Kiri) mahasiswa semester 7 program studi gizi mencoba peluang kuliah di luar negeri selama satu semester dan Alhamdulillah berhasil diterima di Fakulti Perubatan dan Sains Kesihatan UPM. Kedua mahasiswa ini sukses memberikan motivasi yang luar biasa bagi mahasiswa lain untuk mencari pengalaman pendidikan yang extraordinary, sekaligus memperluas jaringan profesional mereka.

Program ICT ini memberikan pengalaman sangat berharga bagi perkembangan akademik dan pribadi mahasiswa. “Saya tidak menyesal mengikuti program ini dan bahkan saya sangat merekomendasikannya bagi temen temen mahasiswa untuk ikut. Saya menjadi lebih terbuka wawasannya dan memiliki banyak relasi internasional.” Ujar Shofi. Hal ini juga didukung oleh UPM yang merupakan salah satu Top QS World University yang menduduki peringkat 123 pada tahun 2023 lalu. “UPM menyediakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung bagi seluruh mahasiswa internasional termasuk mahasiswa transfer” ujarnya.

Shofi juga menekankan pentingnya adaptasi terhadap perbedaan budaya serta sistem pendidikan antar negara serta memanfaatkan sumber daya yang tersedia di UPM secara maksimal untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilannya. Kesempatan ini telah meluaskan cakrawala wawasannya dan koneksi internasional yang berharga untuk masa depannya. Keseruan pengalaman Shofi selama melaksanakan pendidikan di UPM akan dibagikan melalui podcast di channel youtube @kesmasunusa.