S1 Kesehatan Masyarakat

Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat

Guna mencapai Visi Indonesia Sehat 2020, Departemen Kesehatan RI telah menetapkan 10 program unggulan diantaranya adalah mengenai keselamatan dan kesehatan kerja serta pencegahan kecelakaan dan rudapaksa termasuk keselamatan lalui lintas. Untuk mengantisipasi hal tersebut di atas perlu kiranya tenaga-tenaga kesehatan berpendidikan khusus yang memiliki kemampuan bidang K3 (keselamatan dan kesehatan kerja). Di Indonesia sekarang ini pendidikan tersebut yang ada adalah Program  III Hiperkes dan Keselamatan Kerja ,S2 dan S3 Ilmu Kesehatan Kerja. Untuk program S1 Kesehatan Masyarakat, di UNUSA masih dalam program peminatan yang ikut dalam Fakultas Kesehatan.

    Menjadi program studi Kesehatan Masyarakat yang menghasilkan sumber daya manusia di bidang kesehatan masyarakat yang unggul, profesional dan berjiwa wirausaha serta berkarakter islami.

      1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang menghasilkan Sarjana Kesehatan Masyarakat yang berakhlak islami, profesional sesuai standar kompetensi bidang Kesehatan Masyarakat serta senantiasa berdedikasi dan berpartisipasi untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
      2. Melaksanakan kegiatan yang mampu meningkatkan daya kritis, kreatif, komunikatif, sikap postitif, pro aktif dan inovatif serta berjiwa kepemimpinan dan entrepreneuship yang islami.
      3. Melaksanakan kegiatan penelitian yang mempunyai kontribusi pada kemajuan ilmu dan teknologi di bidang kesehatan masyarakat serta dapat membantu memahami dan memecahkan masalah kesehatan berbasis masyarakat.
      4. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan menggunakan ilmu kesehatan masyarakat secara profesional untuk melaksanakan program promotif dan preventif guna meningkatkan status kesehatan di masyarakat.
      5. Membangun kerjasama dengan stakehlders terkait secara lokal, nasional, regional maupun internasional.
      6. Melaksanakan manajemen yang profesional dalam mengelola program studi berlandaskan kaidah islami
    1. Menghasilkan luaran yang profesional dalam penalaran, pengetahuan dan keterampilan ilmu kesehatan masyarakat guna mendukung pembangunan kesehatan dalam suatu sistem kesehatan masyarakat.
    2. Menghasilkan luaran yang profesional dalam penelitian masyarakat secara holistik untuk ikut memecahkan masalah kesehatan secara mandiri.
    3. Menghasilkan luaran yang profesional dalam mengaplikasikan ilmu kesehatan masyarakat untuk pengembangan kemajuan program kesehatan secara mandiri dan berkesinambungan, dengan tetap menghargai perbedaan, serta tanggung jawab sosial yang besar untuk bekerja bersama dalam kemitraan.

     

    Akreditasi B

    Sesuai dengan Surat Keputusan LAMPTKes Nomor 011/LAM-PTKes/BAAkr/Sar/IX/2017 Tahun 2017 Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat mendapatkan akreditasi.

    ~ Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAMPTKES)

    ARTIKEL TENTANG PRODI S1 KESEHATAN MASYARAKAT

    Mahasiswa Unusa Jadi Relawan Vaksin Covid-19

    Surabaya (beritajatim.com) – Sebanyak 7 mahasiswa dari Program Studi (Prodi) S1 Kesehatan Masyarakat Unusa ikut menjadi relawan dalam pelaksanaan vaksin Covid-19 massal di Kota Surabaya, di Atlas Sport Club mulai 22-26 Juni. Kaprodi S1 Kesehatan Masyarakat, Dwi...

    read more

    PKL, Mahasiswa Kesmas Ajak Masyarakat Mengolah Sampah

    Surabaya – Mahasiswa angkatan 2018 Program Studi Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Unusa melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di kawasan Kelurahan Kendangsari, Kecamatan Tenggilis Mejoyo, Surabaya. Mereka mengajak masyarakat di dua RW Kelurahan itu untuk mengelola...

    read more

    Rumah Sehat untuk Menjaga Kesehatan dan Imunitas Tubuh (1)

    Abdul Hakim Zakkiy Fasya, SKM, MKL –  Dosen S1 Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan PANDEMI yang telah berlangsung selama hampir dua tahun ini, menyebabkan kita setidaknya lebih berwaspada dan hati-hati, khususnya dalam menjaga kesehatan. Kita akan lebih...

    read more

    Masyarakat Jawa Timur Harus Siap Hadapi Era New Normal

    Surabaya – Dosen Program Studi (prodi) Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) Fakultas Kesehatan (FKes) Universitas Nahdaltul Ulama Surabaya (Unusa), Dwi Handayani, S.KM., M.Epid menilai masyarakat Jawa Timur (Jatim) harus siap menghadapi Era New Normal untuk mengatasi virus...

    read more

    Manfaatkan Pelepah Pisang, Mahasiswa Unusa Ciptakan Gelis

    Surabaya – Lima Mahasiswa dari Tim Pekan Kretivitas Mahasiswa (PKM) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) membuat Gantungan Pelepah Pisang (Gelis) sebagai langkah zero waste. Lima mahasiswa ini antara lain Yolanda Lettalia Sindytiono​​, Adelina Pratiwi​​​, Sofi...

    read more

    Sekolah Tatap Muka Perlu adanya Penerapan Protokol Kesehatan

    Surabaya – Dosen Program Studi (Prodi) S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) Mursyidul Ibad, S.KM., M.Kes menjelaskan perlunya penerapan protokol kesehatan saat pembelajaran secara langsung di sekolah. Hal ini diungkapkan saat...

    read more